blackcobra18

JENIS GITAR LISTRIK

Unknown | 23:03 |
Gitar listrik atau gitar elektrik memiliki beberapa macam tipe / jenis berdasarkan perbedaan konstruksi body dan neck nya, antara lain sistem neck thru, bolt on dan set neck. Dari tiap jenis masing-masing memiliki kelemahan dan kelebihan sendiri, untuk itu pemilihan gitar harus disesuaikan dengan musik yang dimainkan, bukan sekedar meniru idola atau agar terlihat keren dan berkelas. Mungkin ada penasaran dengan gitar yang anda punya itu termasuk dalam tipe yang mana, untuk mengetahuinya silakan baca keterangan tersebut dibawah :

NECK THRU
Gitar jenis ini memiliki body yang menyatu dan sejajar dengan neck, sehingga bagian wing body (bagian atas dan bawah body), tetap bisa dibuat dari jenis kayu lain. Keunggulan gitar model ini adalah suara yang dihasilkan lebih tebal, bulat, bening dan tajam. Ini dikarenakan suara yang diterima humbucker berputar didalam bidang yang luas pada pori-pori kayu body dan neck, sehingga sustain yang dihasilkan lebih panjang dan resonansinya tampak lebih baik. Sedangkan kekurangan dari gitar ini adalah dari segi harga yang relatif mahal, lebih mahal dari gitar jenis lain. Selain dari itu gitar ini juga lebih berat akan tetapi seimbang, karena menggunakan kayu dengan kualitas nomor satu, dan proses pembuatan body dan neck yang menuntut ketelitian yang sangat tinggi dan dikerjakan secara hand made (manual). Selain itu juga, kita harus hati-hati merawat gitar jenis ini, karena apabila terjadi neck bengkok maka tidak bisa diperbaiki. Hampir semua jenis dan merk gitar menggunakan konstruksi ini untuk kelas premiumnya. Khususnya merk-merk yang biasa digunakan untuk musik berirama keras seperti JACKSON, IBANEZ, FENDER.

BOLT ON
Gitar jenis ini lebih mudah dirawat dibandingkan jenis NECK THRU, karena body dan necknya merupakan dua body yang terpisah yang disambung dengan baut. Gitar jenis ini memungkinkan penggunaannya menggunakan satu bahan kayu untuk bagian body dan bahan kayu yang berbeda untuk bagian neck dan fingerboard. Juga gitar ini relatif lebih murah dibanding jenis NECK THRU untuk merk dan model yang sama, karena gitar jenis ini biasa diproduksi dengan jumlah besar. Gitar model ini memiliki bobot yang lebih ringan sehingga nyaman untuk dimainkan, selain itu pula mudah untuk diperbaiki apabila mengalami kerusakan, gitar ini sangat cocok untuk pemula sebagai entry point untuk menjadi profesional, tapi itu semua tergantung kenyamanan gitar yang kita miliki, namun bukan berarti gitar jenis ini tidak bisa dipakai untuk tingkat profesional, itu juga ditentukan oleh kualitas efek dan amplifier. Sedangkan kekurangan jenis gitar ini adalah suara yang dihasilkan tidak bisa lebih baik dari jenis NECK THRU. Hal ini dikarenakan karena sebagian besar suara yang disimpan dalam body mengalami kebocoran yang keluar melalui sambungan antara body dan neck, sehingga mengurangi efek sustain, tone dan resonansi yang dibutuhkan.

SET NECK
Gitar jenis ini memiliki body dan neck yang disambung tanpa menggunakan baut seperti konstruksi BOLT ON. Body dan neck disambung dengan menggunakan trik dan bahan khusus dan terlihat seperti konstruksi NECK THRU, sambungannya ditutup dengan menggunakan bahan khusus yang bisa mengurangi bocornya tone dan sustain yang terletak pada gitar jenis BOLT ON. Gitar ini tidak sebagus jenis NECK THRU, tapi lebih baik dibanding jenis BOLT ON. Sedangkan kekurangan gitar jenis ini adalah sulit diperbaiki jika neck mengalami kerusakan, walaupun bisa diperbaiki, SET NECK nya akan cacat dan karakter suaranya akan berubah.

Intinya adalah setiap gitar memiliki spesifikasi yang cocok dengan genre musik tertentu, Jika aransemen musik kita membutuhkan efek, kita cukup menggunakan gitar jenis BOLT ON, karena harganya lebih murah dan mudah diperbaiki. Namun jika tidak suka dikelilingi dengan deretan tombol-tombol pengatur dan lampu indikator perangkat efek, kita sebaiknya menggunakan gitar jenis NECK THRU, karena gitar jenis ini bisa memberikan suara yang cukup baik walaupun dihubungkan dengan perangkat head cabinet.

(cort)***