blackcobra18

TIPS SEBELUM BERKEMAH

Unknown | 10:48 |
Nyok Berkemah !!, berkemah bisa dilakukan dimana saja dan sama siapa saja, dan sebenarnya tidak membutuhkan banyak biaya, hanya sekedar melindungi diri dari cuaca dan yang utama untuk istirahat sebelum melakukan perjalanan. Meskipun terkesan mudah, tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat akan melakukan kegiatan ini. Tentukan lokasi berkemah, ini sangat penting karena akan mempengaruhi persiapan yang harus dilakukan. Jika lokasi perkemahan jauh dari rumah, tentu peralatan yang dibawa harus memadai. Lokasi berkemah juga harus mempertimbangkan akses menuju ke sana, apakah dekat dengan sumber air atau pemukiman warga, atau bagaimana kondisi lingkungan di sana. Hati-hati dalam menentukan lokasi kemah, tempat pendirian tenda harus diatas tanah yang stabil dan datar, selain itu hindari tempat yang banyak terdapat hewan melata dan serangga.

Selain menentukan tempat berkemah, anda harus memilih tenda yang sesuai dengan kebutuhan. Ini adalah bagian terpenting karena tenda yang akan melindungi kita dari hujan, angin, maupun panas. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, misalnya tinggi tenda karena berpengaruh pada daya tangkap angin, semakin rendah tenda semakin tahan terhadap terpaan angin. Bahan tenda juga harus diperhatikan, pilihlah yang berjenis nylon, karena akan memberi isolasi yang baik dari suhu lembab, pilih yang ringan dan mudah dibawa kemana-mana.

Mengenai peralatan yang harus dibawa saat kemah, peralatan ini mencakup banyak hal. Misalnya pakaian, usahakan membawa pakaian sesuai dengan lokasi perkemahan. Untuk perkemahan di daerah yang panas, pakaian yang tipis dan bisa menyerap keringat sangat disarankan. Tetapi pakaian tebal wajib dibawa ke lokasi baik daerah panas atau dingin untuk dipakai melindungi badan di malam hari.

Selanjutnya adalah alas kaki, pilih alas kaki yang kuat untuk medan yang sulit, bawalah alas kaki yang bisa melindungi seluruh kaki dari goresan. Untuk membawa barang-barang perkemahan, gunakanlah tas yang sesuai dan bisa memuat seluruh barang. Peralatan memasak dan bahan makanan ketika kemah jangan sampai dipersiapkan secara teledor. Bawalah peralatan memasak yang praktis, jangan lupa membawa bahan masak seperti beras, minyak goreng, mie instan, makanan kaleng, teh, gula dan lain-lain sesuai kebutuhan.

Selain barang yang disebutkan tadi, ada beberapa barang tambahan yang wajib dibawa ketika kemah, apalagi untuk jangka waktu kemah yang lumayan panjang, disarankan membawa alas tidur, senter, obat anti serangga, tali, pisau dan alat P3K. Dan bisa juga membawa peralatan survival kit ( seperangkat alat untuk berjaga-jaga pada kondisi darurat ).

Terakhir dan penting, bawalah uang tunai anda. Jangan sampai meminjam ke teman, karena siapa tahu teman anda juga lupa membawa uang. :)

(blogger)***